Teknologi Terbaru : Baterai Fleksibel

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat menakjubkan. Dengan sudah hadirnya sebuah layar smartphone dengan desain fleksibel, baterai pun kini tak mau ketinggalan. Setelah sekitar setahun yang lalu Professor Keon Jae Lee dari Korean Advanced Institute Of Science And Technology berhasil mengembangkan baterai fleksibel yang diklaim berhasil untuk tetap menyimpan daya jika dilipat ataupun ditekuk tanpa mengurangi daya yang telah disimpan, kali ini mulai muncul perusahaan-perusahaan smartphone yang akan mengembangkan baterai fleksibel ini.

Dengan munculnya teknologi terbaru baterai yang bisa ditekuk ini, smartphone masa depan pastinya akan dibuat dengan desain yang fleksibel juga. Bisa jadi ponsel masa depan tak akan memiliki desain kaku berbentuk kotak seperti sekarang.

Salah satu perusahaan yang dikabarkan sedang berusaha untuk mengembangkan baterai fleksibel tersebut adalah Samsung. Saat ini kabarnya Samsung sedang fokus pada penelitian untuk menguji coba apakah baterai fleksibel itu memang benar-benar aman untuk ditekuk-tekuk tanpa terjadi sesuatu yang berbahaya. Karena kandungan kompleksnya zat kimia di dalamnya, baterai pada teknologi saat ini memang cukup rentan untuk meledak jika terjadi sesuatu hal pada baterai tersebut. Hal inilah yang tampaknya masih menjadi isu dan hambatan utama dalam pengembangan baterai fleksibel.

Baterai ini pun mempunyai ukuran yang sangat tipis dan bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Ukurannya yang tipis kurang dari 2 milimeter dan bersifat fleksibel, tentunya memungkinkan baterai ini juga bisa dilipat.

Baterai fleksibel mungkin saja lebih cocok diterapkan di smartwatch. Baterai Band bisa bertahan lebih lama dibanding baterai biasanya. Namun, saat sudah bisa digunakan pada smartphone, bisa dipastikan akan mengubah teknologi smartphone dan smartband masa depan yang masih menggunakan baterai konvensional

Teknologi masih perlu dikembangkan lagi untuk benar-benar mewujudkan baterai fleksibel ini dalam penggunaan sehari-hari manusia. Kita tunggu saja kehadirannya.

Advertisements