Radio Streaming Online (Radio Internet)

Kini teknologi sudah semakin canggih, banyak perkembangan yang terjadi terhadap perteknologian di dunia, banyak inovasi-inovasi manusia yang menjadikan teknologi yang sudah ada menjadi teknologi yang lebih canggih lagi dan menarik dari sebelumnya. Salah satu inovasinya ialah radio Internet.

Radio sendiri merupakan salah satu media yang efektif bagi masyarakat karena jangkauannya yang luas dan dapat menembus berbagai lapisan masyarakat. Radio sering ditempatkan sebagai ”sahabat” yang dapat menemani kegiatan sehari-hari para pendengarnya. Selain itu, radio pun dapat berfungsi sebagai alat penghibur, penyampai informasi, dan melaksanakan fungsi pendidikan bagi masyarakat. (jai.staff.ipb.ac.id)

Kini telah hadir radio dengan gaya yang penyiarannya lebih canggih, yaitu radio internet atau yang sering disebut radio streaming. Dalam pengembangan dan penyiarannya, koneksi internet ialah faktor pendukung yang sangat diperlukan. Kemunculan radio internet ini keranah hiburan sudah mulai mendunia. Hal tersebut terjadi karena radio streaming ini sangat menarik, selain sebagai sarana hiburan, radio streaming juga sangat menarik perhatian para pembisnis. Karena dalam bidang perbisnisan ini, radio streaming atau radio internet ini mampu meraup untung yang bisa dibilang besar. Untung tersebut diraup satunya dari sisi iklan iklan komersial.

Radio internet yang juga dikenal sebagai web radio, net radio, streaming radio atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet. Penyiaran yang dilakukan melalui internet disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel.  Radio Streaming  juga dikenal sebagai web radio, radio internet, radio net atau e-radio. Radio streaming  pada dasarnya adalah  radio yang ditularkan melalui Internet. Tidak seperti webcasting, radio streaming adalah aliran yang terus menerus , dan dilakukan secara online. Hal ini merupakan trend yang sedang dinikmati masyarakat tapi tidak identik dengan  podcasting yang mengharuskan audio yang akan didownload, daripada streaming itu. Radio Streaming juga biasanya dapat diakses di seluruh dunia. Audio dimainkan dari server penyiaran, dan server akan mengirimkan musik ke pendengar. Dalam hal ini, Radio Streaming membutuhkan koneksi internet yang baik. Dalam pembuatan radio streaming, kita dapat menikmati jasa pembuatan radio streaming yang profesional dan biaya yang efektif. (dika58114.wordpress.com)

Radio streaming online memang menjadi primadona di internet. Bukan hanya orang luar, Orang di indonesia sendiri banyak juga yang mendengarkan radio lewat komputer. Dan ada banyak kok siaran indonesia yang bisa anda dengarkan. (blogbintang.com)

Sejarah Radio Streaming

Pada awalnya, radio streaming dihasilkan oleh pemikiran Carl Malamud pada tahun 1993. Radio internet hasil pemikirannya tersebut dinamai Internet Talk Radio olehnya, Internet Talk Radio tersebut menggunakan teknologi multicast streaming yang tersedia pada saat itu. Carl Malamud mengkhususkan siarannya hanya membahas sekitar dunia komputer saja, sehingga banyak orang yang memperbincangkan tentang bagamana kemajuan Internet Talk Radio tersebut apabila hanya menghadirnya perbincangan dengan para pakar komputer saja. Meskipun banyak cibiran-cibiran yang bermunculan, saat itu Carl Malamud tetap saja meneruskan menyiarkan acara – acara yang ada pada pemikirannya. Hingga pada tahun 1994, Carl Malamud mulai menyiarkan acara berita-berita.

Radio streaming berdiri sendiri sebagai radio internet, ia  berbeda dengan radio konvensional biasa yang memiliki stasiun radio konvensional sebagai induknya. Sehingga dalam penyiarannya, radio streaming tidak dikontrol oleh lembaga sensor. Namun, kebanyakan radio streaming di Indonesia adalah bagian dari radio konvensional yang sudah ada, banyak radio streaming yang digunakan untuk memperluas jangkauan dari radio konvensionalnya tersebut. Sehingga radio konvensional tersebutlah yang bertanggung jawab terhadap fasilitas radio streaming yang digunakannya tersebut.

Dalam penggunaan radion streaming, pengguna dapat memutar radio kebanggaannya dengan cara mengcopy paste url-nya, lalu menyimpannya di playlist. Sebagian besar radio mengharuskan pengguna untuk menginstall RealPlayer terlebih dahulu untuk mendengarkan radio tersebut.

Seorang pengguna internet dimana pun berada, bisa tetap terkoneksi dengan stasiun radio kebanggaannya di daerah masing – masing. Inilah salah satu kesepatan untuk tetap bisa mendengar radio kegemarannya tanpa harus berada dalam jangkauan frekuensi normal sebuah radio swasta. Sebuah radio online streaming yang berada didunia maya, selain bisa diakses dengan teknologi streaming radio, juga bisa disimak melalui webcast dan win media player. Untuk bisa menikmati radio online streaming, anda harus mengunjungi terlebih dahulu web masing-masing radio. Ini yang menggunakan teknologi streaming radio. (anneahira.com)

Berikut adalah cara membuat internet radio :

  1. Download Aplikasi
    1. Shoutcast Server (download versi Linux atau Windows)
    2. Winamp
    3. Shoutcast DSP Plugin (download versi Linux atau Windows)
  2. Install dan jalankan Shoutcast Server di komputer yang ingin kita jadikan server. Untuk instalasi di Linux cukup ekstrak file “shoutcast-xxx.tar” dan jalankan file “sc_serv”. Tidak perlu menjadi root untuk menjalankannya.
  3. Install Winamp dan Shoutcast DSP Plugin di komputer tempat kita akan mengalirkan content radio (mp3 music, dsb) ke Shoutcast Server.
  4. Jalankan Winamp, kemudian klik kanan dan pilih “Options” -> “Preferences”.
  5. Klik DSP/Effect di bagian Plug-ins dan pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP. Kemudian akan muncul satu window SHOUTcast Source dengan menu “Main”, “Output”, “Encoder”, “Input”.
  6. Pilih “Output” dan klik “Connect” untuk konek ke Shoutcast server, sebelumnya perlu diperhatikan beberapa hal di bawah:
    1. Cek “Address” apakah sudah sesuai dengan server anda. Pilih “localhost” apabila anda install server di tempat anda menginstall Winamp dan DSP Plugin.
    2. Password default adalah “Changeme” (tanpa tanda kutip). Anda dapat mengubah setting password ini di “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak satu direktori dengan Shoutcast Server. (C:\Program Files\SHOUTcast\ untuk versi Windows)
  7. Sekarang tinggal alirkan saja content (music, sound, dsb) ke Shoutcast Server. Caranya mudah, letakkan file mp3 di Winamp dan tekan tanda play, maka music anda akan ter-broadcast ke seluruh dunia maya.
  8. Cek dengan menjalankan Winamp dari komputer lain dan klik kanan pilih “Play” -> “URL” dan masukkan http://serveranda:8000. Ganti “serveranda” dengan nama domain atau IP address dimana Shoutcast server diinstal dan dijalankan.
  9. Pertanyaan lain yang muncul, bagaimana kalau kita ingin mengalirkan suara kita secara live? Siapkan microphone dan masukkan kabel microphone ke soundcard PC anda. Kemudian kembali ke Winamp anda, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” ke “Soundcard Input”. Lalu siapkan microphone di depan mulut anda, dan ucapkan “Selamat datang di Radio Internet saya yang tercinta ini”.

Anda sudah memiliki Radio Internet sendiri sekarang.

Daftar Pustaka

Jai’s Blog, 2011, Laporan Kunjungan “MANAJEMEN PRODUKSI DAN PENYIARAN RADIO MEGASWARA 100.8 FM BOGOR”, Diakses pada April 2013, http://jai.staff.ipb.ac.id/tag/peranan-radio/

Soft news, technology & community, 2013, Pengertian Radio Online, Diakses pada April 2013, http://dika58114.wordpress.com/2013/03/13/pengertian-radio-online/

Blog Bintang, 2009, Daftar Radio Streaming Online Indonesia, Diakses pada April 2013, http://blogbintang.com/radio-streaming-online-indonesia

AnneAhira, 2010, Radio Streaming Online – Cara Radio Swasta Merambah Dunia Maya,  Diakses pada April 2013, http://www.anneahira.com/radio-online-streaming.htm

Johan’s Blog, 2011, Radio Streaming, Diakses pada April 2013, http://aio.alloperator.com/2011/10/radio-streaming-2/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s